Monday 23 May 2016

Tips Mudah Mengechek Kualitas Smartphone Bekas

Bang Tekno | Smartphone Bekas memang memiliki daya tarik dari segi harga, akan tetapi ketika kita membeli smartphone bekas yang masih menjadi ketakutan adalah kita takut di tipu. Tapi tenang Bang  Tekno sebelumnya sudah memberikan Tips Membeli Smartphone bekas agar sobat tidak tertipu saat membeli.

Nah, Tips berikutnya adalah permasalahan ketika kita  membeli smartphone kita di tuntut agar mampu mengechek kualitas smartphone yang ingin sobat beli. Apakah benar benar normal atau tidak?

Simak baik baik Tips mudah tapi ampuh ini untuk mengechek kualitas smartphone bekas yang ingin sobat beli

Tips Mudah Mengechek Kualitas Smartphone Bekas

Cek Body Smartphone

Ini adalah kondisi first look saat kita melihat smartphone, cek apakah body smartphone masih mulus atau sudah banyak goresan goresannya. Cek juga bagian bezel atau pinggiran smartphone apakah masih bagus atau sudah mengelupas, lebih baik memilih smartphone yang masih mulus di seluruh bagian body smartphone atau dengan sedikit goresan saja. Namun di poin ini sobat masih bisa menutupi bagian body smartphone yang cacat dengan case sesuai type smartphone.

Cek Layar

Layar merupakan hal terpenting dari sebuah smartphone saat ini, karena sekarang mayoritas smartphone tidak di lengkapi dengan keypad. Cek apakah layar masih bagus serta responsive di setiap bagian serta tidak adanya dead pixel atau tompel dalam layar. Cara termudah untuk mengecheknya yaitu dengan cara mengetik dan mengakses menu menu smartphone standar.
Sementara untuk smartphone Samsung dan beberapa brand lain cukup mengetikan kode di bawah ini seperti melakukan panggilan telephone.
*#*#0*#*#* > For LCD display .

Cek Imei

Imei merupakan nomor identitas dari sebuah smartphone dan untuk memastikan smartphone sobat benar benar asli atau bukan super copy dan king copy.
Cara mengeceknya dengan menggunakan kode di bawah ini
*#06# > To check IMEI of your device, enter this code.
Patikan Imei yang muncul sama dengan yang tertera di dusbook smartphone atau telah terdafar di database Imei smartphone .

Cek Kamera

Cek  sektor bagian kamera dengan mengakses menu kamera. Gunakanlah untuk berfoto kemudian lihat hasilnya apakah gambar yang di hasilkan sesuai dengan kualitas kameranya. Kemudian cek juga auto focus dan fitur fitur bawaan kamera smartphone apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek Komponen Dapur Pacu

Gunanya pengecekan bagian ini adalah memastikan smartphone sobat benar benar asli. Sebenarnya apabila di bagian IMEI tadi sudah terbukti maka langkah ini sudah dapat di lewati.

Cara mengechek komponen dapur pacu sobat bisa menggunakan aplikasi CPU Z yang berada di playstore. Nantinya kita akan di tampilkan spesifikasi jeroan smartphone sobat
Tips Mudah Mengechek Kualitas Smartphone Bekas
Tampilan CPU Z


Setelah sudah di cek dengan cpu z, kemudian samakanlah dengan spesifikasi dengan yang asli.

Cek Batrei

Ada dua cara untuk mengechek kondisi batrei smartphone
Pertama dengan mengakses screen on time di menu pengaturan smartphone.
Tips Mudah Mengechek Kualitas Smartphone Bekas
Screen On time
lihat apakah screen on time smartphone benar benar sesuai dengan kapasitas smartphone.
Kedua dengan melihat kondisi fisik batrei, cabutlah batrei kemudian letakan di tempat datar kemudian putarlah apabila batrei smartphone tidak berputar maka kondisi fisik batrei masih bagus.
Di bagian ini sobat harus berhati hati untuk menghindari kasus kebocoran batrei.

Cek Komponen Pendukung Lainnya

Cek juga beberapa komponen pendukung lainnya apakah berfungsi dengan normal atau tidak, seperti
  • Jaringan yang stabil dan sesuai dengan kondisi
  • Speaker smartphone yang masih bagus dan tidak bising
  • Bluetooth yang berfungsi dengan baik
  • GPS dan sensor lainnya yang berfungsi dengan baik
  • USB yang dapat di gunakan untuk mencharge dengan baik
  • Micro SD yang terbaca
  • Tombol kapasitif yang berfungsi

Yang terpenting dari itu semua sobat bisa memilih dengan baik dan sabar dalam mengechek smartphone bekas yang ingin sobat beli.

Tetaplah berhati hati dalam berbelanja !

Demikianlah Tips Mudah untuk mengechek kualitas smartphone bekas dari Bang Tekno Semoga Bermanfaat.

2 comments

makasih tips nya, kebetulan mau beli hp bekas.

silahkan gan :D semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon