Sunday 15 May 2016

Tips Simple untuk Menghemat Batrei Smartphone

BangTekno | Smartphone yang ada di pasaran sekarang memang sudah banyak yang dibekali dengan batrei kapasitas "Monster". Akan tetapi, kita tetap saja dituntut untuk mengefektifkan penggunaan batrei agar hasil yang di peroleh maksimal dan bisa memuaskan tentunya. Kali ini Bang Tekno akan bagi tips mudah nih, cara simple menghemat batrei smartphone, simak baik baik yaa sob !

Tips Simple untuk Menghemat Batrei Smartphone
Tips Simple untuk Menghemat Batrei Smartphone

Kurangi Brightness Layar

Bukan Menjadi Rahasia lagi, bahwa layar smartphone merupakan bagian yang paling banyak menyita konsumsi batrei, nah dengan mengurangi kecerahan atau Brightness pada layar smartphone sobat, maka dapat di pastikan konsumsi batrei dapat lebih efektif dan efisien. Semakin sedikit kecerahan pada smartphone sobat maka akan semakin baik. Jangan bilang kamu belum bisa mengurangi brightness layar ya ?

Kurangi Waktu Screen Stand-By 

Mengurangi screen stand-by layar smartphone memang sedikit mengganggu, apa bila kita sedang menggunakan tiba tiba smartphone kita mati atau terlock otomatis. Akan tetapi, perlu sobat ketahui dengan kita mengefektifkan waktu stand-by smartphone maka secara otomatis penggunaan batreinya juga akan semakin efisien. Untuk waktu yang sobat inginkan dalam screen stand-by itu tergantung kebutuhan kalian, akan tetapi semakin sedikit waktu yang di gunakan maka akan semakin hemat juga batrei smartphone sobat.

 

Gunakan Wallpaper Gelap

Masih di sektor layar nih sob, penggunaan wallpaper yang warna warni dan tampak eye catching memang menarik, Akan tetapi apakah sobat tau semakin berwarna warni wallpaper smartphone sobat maka akan semakin banyak juga daya yang di butuhkan untuk urusan wallpaper saja. Maka dari itu kami merekomendasikan sobat yang tidak terlalu peduli akan tampilan wallpaper, silahkan kalian mengganti wallpaper dengan yang berwarna gelap.

Matikan Konektivitas dan aplikasi yang tidak diperlukan

Mematikan beberapa konektivitas serta aplikasi pada smartphone terbukti dapat mengurangi konsumsi daya smartphone sobat. Konektivitas yang kami maksud disini antara lain wifi, bluetooth, GPS dan koneksi data lainnya. Karena meskipun sobat tidak menggunakannya tetapi, jika mereka masih aktif maka mereka akan tetap memakan konsumsi daya batrei smartphone sobat.

Jangan gunakan aplikasi penghemat Batrei 

Meskipun banyak aplikasi aplikasi penghemat batrei di playstore, akan tetapi kami tidak merekomendasikan sobat menggunakan aplikasi tersebut. Kenapa ?? Karena aplikasi tersebut biasanya memang dapat mengefektifkan penggunaan batrei akan tetapi disisi lain malah mereka lah "biang keladi" yang dapat membuat batrei kita semakin boros. Sobat pasti pernah menjumpai aplikasi semacam ini banyak sekali widget dan penggunaan RAM nya. Nah, maka dari itu kami tidak merekomendasikan sobat untuk menggunakanya.

Charge yang benar 

Maksudnya, ketika kita akan men-charge smartphone, jangan tunggu smartphone sampai dalam kondisi lowbet apa lagi sampai mati. Usahakan ketika sudah mendekati level 15-20% smartphone sobat harus di charge. Dan jangan gunakan smartphone apabila dalam kondisi di charge ya ! Apabila terpaksa ingin menggunakannya lebih baik sobat melepas dulu smartphone sobat dari kondisi charging.

Namun sesekali (sebulan sekali) kita perlu untuk mengkalibrasi batrei smartphone. Caranya kita gunakan smartphone sampai kondisi batrei 0% kemudian kita charge sampai level 100%. Tujuan dari kalibrasi ini dapat memperakurat persentase penggunaan batrei dan tentunya dapat menghemat penggunaan batrei sobat.


Nah itulah beberapa tips dari Bang Tekno tentang Tips Simple untuk Menghemat Batrei Smartphone . Pesan dari saya, bijak bijak lah dalam penggunaan batrei selain dapat mengurangi konsumsi daya dan berakibat batrei jadi lebih hemat. Tips diatas dalam jangka panjang juga dapat memperpanjang umur batrei sobat. Jadi sayangilah smartphone sobat.

Sekian Tips Simple untuk Menghemat Batrei Smartphone dari Bang Tekno, Semoga bermanfaat !

2 comments


EmoticonEmoticon